Tentang Kami | Tiraini

Tentang Kami

2018-10-27T03:20:02.778Z

Tiraini adalah sebuah media elektronik berbasis pada situs web (website) maupun web log (blog) yang bertujuan untuk berbagi informasi dan sarana menyalurkan pendapat maupun pemikiran dari penulis. Tiraini berbagi dan membahas segala topik dalam kehidupan sehari-hari seperti pendidikan, politik, adat, bermasyarakat, hingga seputar agama.

Tiraini adalah sebuah media elektronik berbasis pada situs web (website) maupun web log (blog) yang bertujuan untuk berbagi informasi dan sarana menyalurkan pendapat maupun pemikiran dari penulis. Tiraini berbagi dan membahas segala topik dalam kehidupan sehari-hari seperti pendidikan, politik, adat, bermasyarakat, hingga seputar agama.

Asal dan makna nama Tiraini.

Nama Tiraini terinspirasi dari kata Tirani (n kekuasaan yg digunakan sewenang-wenang) yang disisipi huruf i diantara huruf a dan n. Tiraini juga merupakan akronim dari frasa Tirai Mini yang berarti tirai yang berukuran kecil. Seperti asal katanya, Tiraini mempunyai makna:
  1. Sebagai sindiran perilaku tirani yang umumnya bersifat mutlak dan antikritik. Sekaligus juga menjelaskan bahwa segala artikel yang ada di Tiraini tidak bersifat mutlak dan antikritik, tetapi juga membuka dan menerima pendapat maupun pemikiran baru dari pengunjung.
  2. Sebagai perumpamaan bahwa Tiraini digambarkan dengan objek Tirai Mini yang menyajikan pembahasan informasi dari sudut pandang yang tidak umum sehingga dapat membuka pemikiran baru dari berbagai permasalahan yang ada.

Makna slogan Tiraini

Tiraini memiliki slogan, yaitu “Melihat melalui sudut pandang Tirai Mini”. Maksudnya adalah bahwa Tiraini menyajikan pembahasan dari beragam masalah kehidupan dengan sudut pandang lain yang merupakan pendapat dari penulis. Sehingga dapat dikatakan kami mempunyai sudut pandang lain, yaitu Tirai Mini.

Makna logo Tiraini

Desain awal logo Tiraini adalah sebagai berikut:
  1. Lambang
    • Objek jendela menggambarkan cita-cita Tiraini yaitu ingin menjadi jendela yang menyajikan pemandangan ilmu pengetahuan bagi setiap pembaca.
    • Objek tirai menggambarkan Tirai Mini itu sendiri, yaitu sebagai sekat maupun penghubung antara pembaca dengan ilmu pengetahuan luar.
    • Warna orange pada tirai menggambarkan kehangatan dan kenyamanan saat membaca setiap artikel di Tiraini. Juga membangkitkan optimisme pembaca. Selain itu, warna orange juga menggambarkan tirai keberanian yang harus dibuka untuk melihat dan menemukan kebenaran yang sesungguhnya.
    • Warna abu-abu pada bingkai jendela menggambarkan keseriusan, kestabilan, kemandirian, bahkan memberikan kesan tanggung jawab. Selain itu, warna abu-abu juga dapat menggambarkan ketidakpastian, dalam hal ini tentang kebenaran sebuah informasi, sehingga perlu adanya ulasan dari sudut pandang lain.
  2. Nama
    • Penulisan nama Tiraini menggunakan jenis font Haettenschweiler yang sangat tebal dan kental, memberikan kesan serius.
    • Huruf i yang dikurung siku melambangkan masih adanya jendela kecil. Sekaligus juga sebagai penanda bahwa huruf tersebut merupakan sisipan untuk menyindir kata aslinya, yaitu Tirani. Selain itu juga menandakan bahwa huruf i tersebut dipakai untuk 2 kata, yakni Tirai dan Mini.
    • Terdapat huruf m tersembunyi, yakni pada huruf r dan a, sebagai huruf awal untuk kata mini.
  3. Slogan
    • Penulisan slogan menggunakan jenis font Futured yang modern, tipis dan simpel. Menggambarkan bahwa slogan tersebut akan berlaku dari masa sekarang hingga masa yang akan datang (future).
    • Warna merah pada frasa Tirai Mini merupakan penanda bahwa frasa tersebut merupakan nama asli dari akronim Tiraini.
[full-post]

Post a Comment

New comments are not allowed.
[disqus]

Tiraini

{facebook#https://www.facebook.com/rzlnhd/} {twitter#https://twitter.com/rzlnhd/} {instagram#https://www.instagram.com/rzlnhd/} {pinterest#https://id.pinterest.com/Mr96Rizal/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget