5 Kiat Bijak Menggunakan Dompet Digital | Tiraini

5 Kiat Bijak Menggunakan Dompet Digital

Uang Elektronik dan Dompet Digital mulai marak digunakan. Lalu, bagaimana 5 Kiat Bijak Menggunakan Dompet Digital?

Bisnis – Dewasa ini perkembangan teknologi menuju serba digital kian pesat, tak terkecuali juga dalam dunia perbankan. Dulu, saat internet belum seluas dan secepat sekarang, orang yang mau menabung di bank harus menuju ke kantor cabang Bank nya yang terdekat. Atau jika mau bertransaksi non tunai seperti transfer uang ataupun membeli barang maupun membayar jasa, setidaknya harus melakukannya di ATM terdekat. Akan terasa “merepotkan” bagi sebagian orang di zaman sekarang.
Kini setelah perkembangan internet yang sudah memasuki generasi ke-5 (5G) di beberapa negara, bahkan sudah diinisiasi untuk generasi ke-6 (6G), penggunaan internet di dunia perbankan dan finansial semakin banyak. Produk dari perkembangan ini adalah adanya Uang Elektronik (Non Tunai) dan juga Dompet Digital. Lalu, gimana cara memanfaatkan 2 hal ini supaya lebih "bijaksana"?
Tidak dipungkiri bahwa pengguna uang elektronik beserta dompet digital semakin banyak. Ini juga didukung dengan anjuran Bank Indonesia yang mendorong transaksi non tunai seperti uang elektronik ini. Beberapa layanan jasa maupun marketplace juga menawarkan beragam promo menarik untuk meningkatkan jumlah dan besaran transaksi uang elektronik ini. Sebut saja Go-Jek dengan Go-Pay nya; Grab dan Tokopedia dengan OVO nya; lalu ada Bukalapak & TixID dengan DANA nya. Banyak bukan? Setidaknya nama-nama ini yang sering sekali terdengar belakangan ini.
Nah, di artikel ini saya mau berbagi kiat supaya lebih bijaksana dalam menggunakan Uang Elektronik dan Dompet Digital. Setidaknya hal-hal ini yang sudah saya lakukan.

Kenali dan Pahami Layanannya

Yang pertama saya lakukan adalah mengenali dan memahami layanan yang hendak kita gunakan. Misalnya asal usulnya, fungsi-fungsinya, kelebihan kekurangannya, berafiliasi dengan perusahaan apa saja, cara menggunakannya, dan sebagainya. Semakin kita tau dan paham dengan apa yang kita gunakan, itu semakin baik. Jangan pernah menggunakan produk yang tidak jelas. Alih-alih untung, bisa jadi uang kita malah raib. Hati-hati yaaa…

Verifikasi Data Diri ke Penyedia Layanan

Kemudian yang perlu dilakukan adalah memverifikasi data diri yang valid ke penyedia layanan yang kita gunakan. Seperti verifikasi Go-Pay, upgrade OVO Premier, upgrade DANA Premium, dan penyedia layanan lainnya. Tujuannya adalah untuk menambah beberapa layanan, karena beberapa penyedia akan membuka layanan tertentu untuk pengguna yang sudah terverifikasi. Selain itu juga agar lebih mudah melacak dan melakukan komplain saat terjadi masalah.

Isi Saldo Hanya Seperlunya

Uang elektronik dan dompet digital menawarkan kemudahan dan keuntungan saat bertransaksi, namun isikan saldo hanya seperlunya saja. Hindari mengisikan saldo berlebih di dompet digital, mengingat banyak sekali kasus uang hilang, tercuri, dan lainnya karena maraknya kejahatan siber (hacking), atau mungkin juga karena adanya celah di dalam sistemnya.

Gunakan Hanya Untuk Perantara

Perantara di sini maksudnya adalah hanya untuk bertransaksi non tunai saja. Semua produk digital pasti bisa punya celah apalagi produk yang bersinggungan dengan uang, pasti lebih banyak orang yang akan mencari celah keamanannya. Maka tidaklah bijak jika menggunakan dompet digital untuk menyimpan banyak uang. Gunakan hanya untuk bertransaksi saja, dengan uang seperlunya saja. Untuk selanjutnya, pindahkan uang ke tempat yang lebih aman.

Dompet Bukan Muara Uang

Dompet berfungsi sebagai tempat singgah sementara uang sebelum digunakan untuk membayar, pun sama dengan dompet digital. Oleh karena itu, gunakan dompet digital hanya untuk transaksi keluar dan masuk. Selebihnya, simpan uang pada pos yang semestinya seperti tabungan Bank, Deposito, ataupun untuk investasi seperti membeli emas, dan lainnya. Sehingga uang akan lebih aman.
Nah itu tadi tips seputar bijak dalam menggunakan dompet digital. Mudah-mudahan bisa nambahin informasi buat kalian yang lagi pakai uang elektronik maupun dompet digital. Mohon maaf kalo masih ada kekurangan dalam penyampaian. Maaf juga kalo ada salah-salah. Terimakasih udah mau berkunjung dan membaca artikel ini. Artikel lainnya bisa di lihat di samping kanan atau di bawah, siapa tau tertarik. Sekian.😊
Label:

Post a Comment

[disqus]

Tiraini

{facebook#https://www.facebook.com/rzlnhd/} {twitter#https://twitter.com/rzlnhd/} {instagram#https://www.instagram.com/rzlnhd/} {pinterest#https://id.pinterest.com/Mr96Rizal/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget