7 Efek Mengunyah Permen Karet | Tiraini

7 Efek Mengunyah Permen Karet

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang gemar mengunyah permen karet. Selain rasanya manis, dengan mengunyah permen ini kita juga bisa membuat balon dengan cara meniupnya. Namun hanya sedikit saja yang mengetahui efek dari mengunyah permen karet. DI dalam artikel ini akan dijelaskan 7 Efek Mengunyah Permen Karet.

Kesehatan – Tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang gemar mengunyah permen karet. Permen karet sendiri merupakan jenis permen yang rasanya manis, umumnya menyerupai rasa buah seperti strawberry, blueberry dan lainnya. Tapi berbeda dengan permen pada umumnya, permen karet tidak boleh ditelan, alias hanya boleh dikunyah di dalam mulut.
Meskipun permen ini tidak boleh ditelan, namun masih ada lho yang suka permen ini. Selain rasanya manis, dengan mengunyah permen ini kita juga bisa membuat balon dengan cara meniupnya. Ya tentu lah, karena permen ini juga mengandung karet, bahan yang sama yang digunakan untuk membuat balon. Membuat balon dari permen karet gampang gampang susah lho, butuh sering latihan untuk bisa dengan mudah melakukannya.
7-efek-mengunyah-permen-karet
Masih terkait dengan permen karet, tahukah anda bahwa masih ada efek lain jika kita mengunyah permen karet? Apakah positif atau negatif? Ini dia 7 Efek Mengunyah Permen Karet
  1. Mencegah Ngantuk
    Jika anda adalah orang yang suka bepergian dengan membawa kendaraan sendiri dan sering menepi karena ngantuk, anda bisa coba untuk mengunyah permen karet untuk membuat anda tetap terjaga. Aktivitas mengunyah dapat membuat sibuk otak yang membuatnya tetap terjaga. Namun, kita tidak bisa memakan makanan ringan saat berkendara. Selain sangat sulit untuk pengendara motor, memakan makanan ringan juga berpotensi untuk membuat kenyang yang justru malah menyebabkan ngantuk lho. Jadi, sebagai pengganti makanan ringan, kita dapat mengunyah permen karet saat berkendara. Karena mengunyah permen karet tidak membuat kita kenyang.
    Bisa dibilang kalau mengunyah permen karet adalah pilihan hemat untuk anda yang ingin tetap terjaga saat berkendara, selain meminum minuman berenergi yang harganya bisa 2-3x lipat dari harga permen karet. Selain tetap bisa mencegah ngantuk, juga hemat biaya karena permennya gak abis-abis. Selamat mencoba.
  2. Menunda Lapar
    Buat anda yang sedang menjalankan program diet dan sulit untuk menjaga pola makan, anda bisa mencoba untuk mengunyah permen karet. Karena apa? Karena permen karet dapat menunda rasa lapar. Masih soal mengunyah, sebenarnya saking pintarnya otak kita, membuatnya jadi mudah dibohongi. Dengan mengunyah kita menipu otak kita seolah-olah kita sedang memakan makanan. Ini membuat otak kita merasa bahwa ada sesuatu yang mengisi perut kita dan membuat kita tidak lapar. Atau bisa dibilang perasaan lapar kita tertunda.
    Mungkin anda akan bingung, di poin 1 saya bilang bahwa mengunyah permen karet tidak membuat kita kenyang, tetapi di poin nomor 2 saya malah berkata bahwa mengunyah permen karet dapat menunda lapar. Keduanya adalah benar. Terus? Jadi begini, rasa tidak lapar yang ditimbulkan dari permen karet adalah semu, yang artinya memang tidak ada makanan yang masuk ke dalam perut kita. Sehingga sistem pencernaan dalam tubuh pun tidak bekerja seperti kalau kita benar-benar kenyang. Nah sistem pencernaan yang bekerja ekstra saat kita kenyang (beneran) inilah yang kadang membuat kita mengantuk. Jadi rasa kenyangnya berbeda ya.
  3. Memutihkan Gigi
    Siapa sih yang gak tau Happ*dent? Itu tuh, permen karet yang bisa bikin gigi putih. Tau kan? Memang bukan rahasia lagi kalau ada permen karet yang dapat memutihkan gigi. Terlebih sudah ada produknya, jadi ya tidak usah diragukan lagi lah.
    Tapi tapi, apakah permen karetnya harus khusus? Hmmm... gimana ya... Kalau menurut saya sih semua permen karet bisa. Karena dengan mengunyah permen karet secara merata ke seluruh gigi di dalam mulut, secara sengaja maupun tidak sisa makanan yang ada di gigi pun bisa ikut menempel di permen karet itu tadi. Hanya saja mungkin ada zat lain yang terkandung di permen karet yang khusus itu.
  4. Membuat Sariawan
    Sariawan adalah luka di dalam mulut yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman (Alodokter). Luka ini banyak penyebabnya, bisa karena mengonsumsi makanan tertentu, bisa karena efek obat, bisa karena kekurangan zat tertentu, bisa juga karena kondisi psikologis.
    Yang di bahas di sini bukanlah si permen karet itu sendiri yang menyebabkan sariawan, melainkan tergigitnya gusi, lidah, ataupun bibir yang terjadi secara tidak sengaja saat mengunyah permen karet. Saat gusi, lidah, maupun bibir yang tergigit tadi terluka dan meradang, maka timbullah sariawan.
    Saya sendiri sangat sering mengigit gusi dan bibir saat mengunyah permen karet. Beberapa langsung sembuh, yang lain meradang dan membuat sariawan.
  5. Membuat Sakit Kepala
    Yang ini mungkin hanya sebagian kecil saja yang mengalami. Saya sendiri mengalami ini saat mengunyah permen karet dalam waktu yang lama. Tergadang dahi terasa pening dan berat. Saya sendiri menduga bahwa sakit kepala ini datang dari proses mengunyah yang dilakukan secara terus-menerus dalam waktu lama. Namun bisa juga karena riwayat sakit gigi yang pernah saya derita, atau karena hal lain. Yang jelas, saya sering mengalami ini saat mengunyah permen karet dalam waktu yang lama.
  6. Membuat Haus dan Kerongkongan Kering
    Seperti halnya poin sebelumnya, mungkin efek yang ini hanya sebagian juga yang mengalami. Pun sama dengan poin sebelumnya, ini saya rasakan juga saat mengunyah permen karet dalam waktu yang lama. Entah karena kandungan permen karetnya, atau karena hal lain, saya sering merasa haus disertai kerongkongan yang kering dan terasa gatal, persis seperti gejala Flu.
    Biasanya efek ini akan langsung hilang saat kita membuang permen karet yang ada di mulut dan meminum beberapa teguk air. Namun tidak jarang juga efeknya berlangsung lama.
  7. Mengganti Rokok
    Dulu saya sempat merokok, sekarang alhamdulillah sudah tidak lagi menghisap rokok. Bagi sebagian orang, berhenti merokok merupakan hal yang sulit. Beragam cara dilakukan seperti membatasi rokok, beralih menggunakan rokok elektrik, ataupun menyibukkan tangan dan mulut dengan melakukan hal lain seperti ngemil keripik.
    Namun ada satu cara lagi yang mungkin bisa jadi alternatif buat anda yang ingin berhenti merokok. Yaitu dengan mengunyah permen karet. Cara ini sebenarnya hanya mengganti makanan cemilan untuk menyibukkan mulut, ya sesederhana itu. Dengan mulut yang sibuk mengunyah permen karet, anda bisa terlupa akan rokok yang ada di saku baju atau celana anda. Bagaimana? Tertarik mencoba?
Naah itu tadi 7 efek dari mengunyah permen karet. Mungkin tidak semua efek bisa anda rasakan, tergantung pada kondisi masing-masing orang. Semua efek tersebut saya dapatkan dari diri saya sendiri yang terkadang mengunyah permen karet. Meskipun tidak sering, namun efek-efek itu saya rasakan sendiri (kecuali yang mengganti rokok). Bila ada dari anda yang merasakan efek yang lain yang tidak saya sebutkan di atas, anda bisa menuliskannya di kolom komentar untuk berbagi ilmu dengan pembaca yang lain. Terimakasih sudah membaca artikel ini, mohon maaf apabila ada kesalahan. See you...
Catatan kaki:
  • Alodokter. Sariawan - Gejala, Penyebab dan Mengobati. Diambil dari : https://www.alodokter.com/sariawan (30 Juli 2018).
  • Gambar : https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1530929907/attached_image/Ternyata-Permen-Karet-Punya-Manfaat-Positif.jpg
Label:

Post a Comment

[disqus]

Tiraini

{facebook#https://www.facebook.com/rzlnhd/} {twitter#https://twitter.com/rzlnhd/} {instagram#https://www.instagram.com/rzlnhd/} {pinterest#https://id.pinterest.com/Mr96Rizal/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget