Belajar dari Jimmy Wales: Konsisten! | Tiraini

Belajar dari Jimmy Wales: Konsisten!

Jimmy Wales tetap pada pendiriannya, bahwa sejak awal merintis Wikipedia, dia memutuskan untuk tidak menjadikan Wikipedia sebagai sesuatu yang komersial dengan tidak menempatkan iklan sama sekali. Sampai sekarang pun Wikipedia tetap lestari dan tetap menjadi rujukan pembaca online di seluruh dunia dan, tetap Tanpa Iklan. Perilaku konsisten ini yang perlu kita semua teladani.

Teknologi - Internet menyuguhkan beragam informasi, mulai dari berita, info-info tertentu, hingga ensiklopedia lengkap bisa diakses secara bebas kapanpun dan dimanapun. Namun ada satu portal ensiklopedia bebas yang paling populer dan paling banyak diakses. Bahkan dijadikan rujukan oleh beberapa kalangan (sebut saja mahasiswa) dalam membuat tugas mereka. Portal ensiklopedia ini adalah Wikipedia, dan salah satu founder-nya adalah Jimmy Wales. Pada artikel kali ini, saya akan membahas sedikit banyak tentang Wikipedia, terutama meneladani sikap dari founder-nya, apa itu? Simak saja ulasannya di bawah ini.
Jimmy Wales
Wikipedia
Wikipedia adalah ensiklopedia online gratis yang dimiliki oleh Yayasan Wikimedia. Wikipedia merupakan referensi umum terbesar dan terpopuler di dunia. Pertama kali diluncurkan tanggal 15 Januari 2001, Jimmy Wales dan Larry Sanger membuat Wikipedia dengan tujuan untuk membuat ensiklopedia online yang mengizinkan orang lain untuk menambah atau mengubah artikelnya.
Awalnya, Wikipedia hanya tersedia dalam bahasa Inggris, namun versi serupa dalam bahasa lain berkembang dengan cepat, yang berbeda dalam konten dan praktik pengeditan. Dengan 5.496.261 artikel, Wikipedia bahasa Inggris adalah yang terbesar dari 290 ensiklopedia Wikipedia. Secara keseluruhan, Wikipedia memiliki lebih dari 40 juta artikel di lebih dari 299 bahasa yang berbeda dan, pada bulan Februari 2014, halaman ini memiliki 18 miliar tampilan halaman dan hampir 500 juta pengunjung unik setiap bulannya.

Sekilas Tentang Jimmy Wales

Jimmy Wales
Jimmy Donal Wales (lahir pada 7 Agustus 1966), juga dikenal sebagai Jimbo Wales, adalah seorang pengusaha Internet Amerika. Dia adalah salah satu pendiri Wikipedia, ensiklopedia online gratis. Wales juga bertugas di Dewan Pengurus Yayasan Wikimedia, organisasi amal nirlaba yang membantu mendirikan Wikipedia, sebagai "community founder".
Pada tanggal 15 Januari 2001, bersama Larry Sanger dan yang lainnya, Wales meluncurkan Wikipedia - sebuah ensiklopedia bebas dan terbuka yang sangat cepat berkembang dan populer. Perannya dalam menciptakan Wikipedia yang telah menjadi ensiklopedia terbesar di dunia, mendorong Time Magazine untuk mencantumkan namanya ke dalam daftar "100 Most Influential People in the World" tahun 2006 lalu.

Suka Duka Pengembangan Wikipedia

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Wikipedia merupakan produk Yayasan nirlaba Wikimedia, yang artinya baik Wikimedia maupun Wikipedia tidak boleh mengambil keuntungan materi apapun dari masyarakat. Karena itulah, meskipun Wikipedia dikunjungi jutaan orang berbeda setiap harinya, Jimmy Wales tetap bersikukuh untuk menyajikan website Wikipedia Tanpa Iklan, yang umumnya dari iklan inilah pemasukan utama dari sebuah website. Lalu, bagaimana cara mereka mendapatkan uang?
Pemasukan uang dari Yayasan Wikimedia hanya melalui donasi sukarela masyarakat atau pengunjung dari produk digital mereka seperti Wikipedia. Meskipun begitu, Wikipedia pernah bahkan beberapa kali dikabarkan nyaris bangkrut. Mengutip berita di detik[dot]com, pada awal tahun 2008 silam, Wikipedia dikabarkan terancam bangkrut. Waktu itu kabarnya Jeffrey Merkey (mantan Chief Scientist perusahaan software Novell) telah membayar pendiri Wikipedia, Jimmy Wales sebesar US$ 5000 untuk mereka ulang dan memproteksi entri miliknya di Wikipedia agar tidak diutak-atik publik. Meskipun pada akhirnya Wales membantahnya.
Namun 3 tahun setelah itu, pada tahun 2011 silam muncul panel menarik di halaman website Wikipedia. Panel ini merujuk ke artikel berupa surat terbuka dan permohonan pribadi dari Jimmy Wales.
Dalam artikel tersebut, Jimmy Wales secara terbuka menerangkan kondisi Wikipedia, yang waktu itu terdiri dari 679 server dan 95 orang staf. Wales juga menerangkan bahwa Wikipedia merupakan sesuatu yang istimewa. Ibarat perpustakaan, Wikipedia adalah tempat kita semua dapat datang untuk berpikir, belajar, dan berbagi pengetahuan dengan orang lain. Sehingga tidak ada dan tidak akan ada komersialisasi seperti ruang iklan di Wikipedia. Selain itu Wales juga memohon pertimbangan dan kesediaan dari pengunjung untuk berdonasi demi melindungi dan melestarikan Wikipedia.

Perilaku Konsisten Jimmy Wales

Jimmy Wales tetap pada pendiriannya, bahwa sejak awal merintis Wikipedia, dia memutuskan untuk tidak menjadikan Wikipedia sebagai sesuatu yang komersial dengan tidak menempatkan iklan sama sekali. Sampai sekarang pun Wikipedia tetap lestari dan tetap menjadi rujukan pembaca online di seluruh dunia dan, tetap Tanpa Iklan.
Dalam kondisi Jimmy Wales waktu itu, sangat sulit untuk membuat Wikipedia tetap nirlaba. Apalagi dengan jumlah pengunjung yang luar biasa banyak, dan kondisi keuangan perusahaan yang kurang baik. Namun Wales tetap mendahulukan misinya, tetap konsisten dengan pilihannya, dan tetap mendahulukan kenyamanan publik di atas kepentingan pribadi dan perusahaannya. Perilaku konsisten ini yang perlu kita semua teladani.
Catatan kaki :
  • Wikipedia (en). Wikipedia - Wikipedia. Diambil dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia (22 Oktober 2017).
  • Wikipedia (en). Jimmy Wales - Wikipedia. Diambil dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Jimmy_Wales (22 Oktober 2017).
  • detikInet. 2008. Wikipedia Terancam Bangkrut?. Diambil dari : https://inet.detik.com/cyberlife/d-907921/wikipedia-terancam-bangkrut (14 Oktober2017).
  • Entertainment Geek. 2011. Wikipedia Terancam Bangkrut. Diambil dari : http://entertainmentgeek-jimmy.blogspot.co.id/2011/11/wikipedia-terancam-bangkrut.html (14 Oktober 2017).
  • DJ Site. 2011. Wikipedia Dan Wikimedia Foundation
    Membutuhkan Donasi Anda
    . Diambil dari : http://dj-site.blogspot.co.id/2011/11/wikipedia-dan-wikimedia-foundation.html (14 Oktober 2017)
Label:

Post a Comment

[disqus]

Tiraini

{facebook#https://www.facebook.com/rzlnhd/} {twitter#https://twitter.com/rzlnhd/} {instagram#https://www.instagram.com/rzlnhd/} {pinterest#https://id.pinterest.com/Mr96Rizal/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget