Zaman Bebas, Nyaris Tanpa Batas | Tiraini

Zaman Bebas, Nyaris Tanpa Batas

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian menjadi-jadi. Di Internet semua orang bebas melakukan apa saja dan menjadi siapa saja. Namun kebebasan ini tidaklah tanpa batas. Zaman Bebas pun pada akhirnya tetap terbatas.

Teknologi – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian menjadi-jadi. Banyak hal yang dahulu sulit atau bahkan tidak bisa dilakukan, namun sekarang sangat gampang, bahkan sudah ada dalam genggaman. Perkembangan teknologi, selain memudahkan kehidupan manusia, pun juga kian mengikis batas-batas terutama dalam hubungan antar manusia.
Proyek ARPANET yang diinisiasi tahun 1960-an silam membawa dampak yang sangat luar biasa besar sekarang ini. Bagaimana tidak? Dari proyek ini, peneliti berhasil menemukan jaringan komputer yang mampu menghubungkan semua orang tanpa memandang seberapa jauh jarak antar orang tersebut. Jaringan ini disebut dengan Interconnected Networking atau lebih dikenal dengan nama Internet.
Merdeka dengan Internet

Internet dan Globalisasi

Internet adalah salah satu teknologi yang mendorong terciptanya era Globalisasi. Era dimana batas-batas wilayah maupun negara tidak lagi menjadi penghalang untuk terciptanya hubungan dan komunikasi. Era dimana segala aspek kehidupan tidak lagi terkotak-kotak berdasarkan wilayah atau negara tertentu. Era dimana kegiatan berkomunikasi dan bertukar informasi semakin bebas dan merdeka pada masing-masing orang.
Selain itu, Internet juga mengambil bagian penting dalam perkembangan teknologi telekomunikasi. Dari yang awalnya menggunakan sandi-sandi, surat kertas, lalu telepon, dan sekarang muncul cara baru yaitu surat elektronik, chat dan live streaming video call. Media-media fisik pun sekarang beralih menjadi media elektronik dan digital, dan nyaris semua media tersebut dapat kita temukan di Internet. Mulai dari media masa, media informasi, hingga media hiburan dan media sosial.
Internet memberikan kebebasan bagi semua penggunanya. Bebas untuk mencari dan mendapatkan informasi apapun; bebas untuk memberikan informasi dalam bentuk apapun; dan bebas untuk berkomunikasi dengan siapapun. Kebebasan ini juga didukung dengan pesatnya perkembangan aplikasi berbasis web yang mudah diakses dimanapun dan kapanpun dengan perangkat mobile.

Aplikasi-Aplikasi di Internet

Aplikasi-aplikasi berbasis web ini memberikan beragam fitur dan fungsi tersendiri, diantaranya :
  1. Portal berita dan informasi
    Aplikasi berbasis web jenis ini bertujuan untuk membagikan informasi terkini dalam bentuk berita maupun informasi-informasi menarik lainnya. Situs penyedia informasi ini umumnya mempunyai jenis informasi yang spesifik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Contoh portal berita yang ada di Indonesia adalah Detik[dot]com, sedangkan yang termasuk portal informasi adalah Wiki.
  2. Media dan jejaring sosial
    Media sosial dan jejaring sosial semakin menjamur belakangan ini. Setiap media sosial memiliki tujuan yang sama, yaitu agar penggunanya dapat saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Lebih dari itu, jejaring sosial ini juga bertujuan untuk memudahkan komunikasi jarak jauh yang seolah-olah menjadi “lebih dekat”. Namun dalam fitur dan pelayanannya, media sosial ini memiliki keunikannya masing-masing. Sebagai contoh, Instagram lebih spesifik digunakan untuk berbagi foto dan video singkat; Twitter lebih fokus pada cuitan singkat; YouTube lebih fokus pada video berdurasi panjang; dan lain sebagainya. Namun yang pasti, hampir semua media sosial memiliki fitur yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara langsung seperti direct message (Instagram), messanger (Facebook), dan lainnya.
  3. Media periklanan dan hiburan
    Karena jaringannya yang amat sangat luas (global), tak jarang beberapa orang lebih memilih menggunakan Internet sebagai media periklanan untuk menjaring konsumen dengan kriteria pasar tertentu. Media periklanan ini umumnya bekerjasama dengan pemilik aplikasi lain seperti media sosial, portal berita dan informasi, maupun pada situs web dan web log. Karena orang-orang yang menggunakan internet biasanya berkunjung ke situs-situs tersebut. Contoh media periklanan diantaranya Google Adsense, Facebook Ads, dan lainnya.
    Selain pelaku bisnis, banyak juga pengguna internet yang memilih untuk mencari hiburan. Hiburan ini bisa dari menonton video, film, maupun bermain game. Banyak juga pengembang game yang menyasar pengguna internet, karena memang jangkauan Internet yang sangat luas sehingga memungkinkan mendapatkan jumlah pengguna yang banyak.
  4. Situs web
    Berbeda dengan portal berita dan informasi, situs web lebih berfokus pada publikasi informasi mengenai sebuah organisasi ataupun perusahaan tertentu. Situs web ini pun biasanya memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang hanya berbagi informasi, ada pula yang sekaligus menawarkan produk-produk mereka.
  5. Forum online dan web log (blog)
    Forum online disediakan untuk para pengguna yang tidak dapat menemukan informasi yang mereka cari di portal informasi manapun, sehingga mau tidak mau mereka harus “bertanya” kepada orang lain yang lebih mengetahui tentang informasi tersebut. Namun tidak jarang forum ini berubah dari forum informasi menjadi forum jual beli, dan itu sah-sah saja. Salah satu situs forum online yang terkenal di Indonesia adalah Kaskus.
    Sedangkan web log atau blog adalah situs web diperuntukan untuk mereka yang ingin berbagi informasi yang bersifat individu. Bisa berdasarkan pengalaman pribadi, bisa juga hanya untuk publikasi portofolio mereka. Intinya, web log ini lebih diperuntukan untuk individu. Banyak sekali platform blog yang dapat digunakan secara gratis, seperti WordPress, Blogger, Thumblr, Blogdetik, dan lain sebagainya.
  6. Mesin Pencari
    Yang terakhir adalah mesin pencari. Tugas dari aplikasi ini adalah memfasilitasi pengguna untuk mencari informasi yang ingin mereka dapatkan berdasarkan dengan keyword yang mereka input-kan. Mesin pencari yang paling terkenal adalah Google, dan Bing.

Merdeka dengan Internet

Di Internet semua orang bebas melakukan apa saja dan menjadi siapa saja. Aplikasi-aplikasi tersebut memberikan kebebasan kepada kita untuk melakukan apapun yang kita inginkan. Mulai dari sekedar mencari informasi, menghilangkan stress, pelaku bisnis, dan lainnya.
Umumnya orang-orang lebih memilih internet untuk membangun sebuah jaringan melalui media sosial. Namun tidak jarang juga yang memilih untuk membuat website sebagai media meraka sendiri. Dari website tersebut dapat mereka kembangkan sendiri sesuai dengan tujuan mereka masing-masing, ada yang hanya berbagi informasi sampai tutorial; ada yang digunakan untuk toko online; ada juga yang membuat website untuk dijadikan tempat kursus online, dan lain sebagainya.
Namun kebebasan ini tidaklah tanpa batas. Kebebasan kita dalam bertransaksi elektronik tetaplah ada batasnya. Batas-batas tersebut seperti kebebasan orang lain, norma dan etika, serta batasan hukum. Meskipun demikian, kita tetaplah bebas menggunakan aplikasi-aplikasi di Internet sesuai dengan kebutuhan kita.
Pada akhirnya teknologi yang mendukung adanya kebebasan untuk menggunakannya pun tetap ada batasannya. Kebebasan kita dibatasi oleh kebebasan orang lain, norma dan etika, serta hukum. Zaman Bebas pun pada akhirnya tetap terbatas.
Label:

Post a Comment

[disqus]

Tiraini

{facebook#https://www.facebook.com/rzlnhd/} {twitter#https://twitter.com/rzlnhd/} {instagram#https://www.instagram.com/rzlnhd/} {pinterest#https://id.pinterest.com/Mr96Rizal/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget